Ketahui Manfaat Gerakan Yoga untuk Kesehatan Punggung

Bagikan

Manfaat yoga untuk kesehatan punggung adalah mengurangi nyeri, memperbaiki postur, dan memperkuat otot punggung. Ada sejumlah gerakan yoga yang dapat dilakukan untuk mencapai manfaat kesehatan tersebut. Artikel ini mengangkat topik manfaat yoga untuk kesehatan punggung, simak selengkapnya.

Yoga, pernahkah Anda melakukan jenis olahraga yang satu ini? Yoga menjadi salah satu latihan fisik yang juga melibatkan mental dan spiritual.

Perpaduan antara peregangan, latihan pernapasan, dan juga meditasi tidak hanya menyehatkan secara fisik, tapi juga menenangkan dari segi psikologis. Manfaat yoga untuk kesehatan adalah meningkatkan fleksibilitas dan memperbaiki postur tubuh.

Manfaat kesehatan dari aktivitas fisik ini juga mencakup peran pereda nyeri punggung. Oleh karena itu, jenis olahraga yang satu ini patut dicoba jika Anda ingin menjaga kesehatan punggung.

BACA JUGA: Olahraga untuk Punggung Bawah: Lakukan Gerakan Ini Bantu Meredakan Sakit Punggung

Intip Manfaat Yoga untuk Kesehatan Punggung

Manfaat Gerakan Yoga untuk Kesehatan Punggung

(Manfaat Yoga untuk Kesehatan Punggung, Ilustrasi: Freepik)

Yoga bukan hanya aktivitas fisik, tetapi juga seni yang menyelaraskan tubuh dan pikiran melalui gerakan yang lembut dan pernapasan yang terkendali. Bagi kesehatan punggung, yoga menyuguhkan sejumlah manfaat yang tak dapat diabaikan.

Penjelasan di bawah ini menunjukkan beberapa manfaat yoga untuk menunjang kesehatan, terutama sebagai penunjang kesehatan punggung, antara lain:

1. Manfaat Yoga untuk Mengurangi Nyeri Punggung

Yoga terbukti efektif mengurangi nyeri punggung, baik yang bersifat kronis maupun akibat stres harian. Gerakan dan posisi yoga membantu memperkuat otot-otot penyangga punggung, mengurangi beban pada tulang belakang.

2. Merelaksasi Otot Punggung

Gerakan yoga, terutama yang melibatkan stretching dan posisi khusus, membantu merelaksasi otot-otot punggung yang mungkin tegang akibat aktivitas sehari-hari atau posisi duduk yang lama.

3. Yoga untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kesadaran tubuh dan postur yang benar. Ini membantu dalam mengoreksi postur tubuh sehari-hari, mencegah postur yang buruk yang dapat menyebabkan ketegangan pada punggung.

4. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Praktek yoga secara konsisten dapat meningkatkan fleksibilitas pada otot dan sendi punggung. Hal ini membantu mencegah kaku dan meningkatkan rentang gerak tubuh.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot Punggung

Asanas atau gerakan yoga tertentu difokuskan pada menguatkan otot-otot punggung. Dengan meningkatkan kekuatan ini, tubuh lebih mampu menahan beban dan tekanan sehari-hari.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Gerakan yoga, terutama yang melibatkan posisi terbalik, dapat meningkatkan sirkulasi darah ke daerah punggung. Peningkatan aliran darah membantu menyuplai nutrisi dan oksigen ke sel-sel punggung.

7. Gerakan Yoga untuk Relaksasi

Stres dapat memengaruhi fisik tubuh, termasuk punggung. Yoga membawa elemen meditasi dan pernapasan yang dapat meredakan stres, membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot punggung.

BACA JUGA: Mau Lakukan Pilates? Ini Dia Manfaatnya!

Ketahui 8 Gerakan Yoga yang Bermanfaat untuk Kesehatan Punggung

Pose Yoga Berdiri Membungkuk ke Depan

(Gerakan Yoga yang untuk Kesehatan Punggung, Ilustrasi: Freepik)

Mari kita intip 8 gerakan yoga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan punggung, beberapa diantaranya:

1. Pose Berdiri Membungkuk ke Depan (Forward Bend Pose)

Pose ini membantu meregangkan otot-otot di bagian belakang tubuh, terutama di sekitar punggung bagian bawah. Gerakan perlahan membantu mengurangi ketegangan pada tulang belakang.

2. Pose Segitiga dengan Tangan Keatas (Triangle Pose with Raised Arms)

Pose segitiga membuka pinggul dan merentangkan sisi tubuh. Dengan menambahkan gerakan tangan ke atas, kita dapat memberikan dukungan ekstra untuk melibatkan otot-otot punggung dan meningkatkan fleksibilitas.

3. Pose Kaki di Atas Dinding (Legs Up the Wall Pose)

Gerakan sederhana namun sangat efektif untuk melepaskan tekanan pada punggung. Pose ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki dan meningkatkan sirkulasi.

BACA JUGA: Tips Mencegah Pegal Ketika Menggendong Bayi

4. Pose Jarum (Needle Pose)

Pose ini fokus pada meregangkan otot-otot di sepanjang tulang belakang, memberikan perhatian khusus pada area bawah tulang belakang. Cocok untuk mengurangi rasa “bengkek” dan meningkatkan fleksibilitas.

5. Asanas (Poses) Khusus untuk Punggung

Terdapat asanas khusus seperti Bhujangasana (Cobra Pose) dan Setu Bandhasana (Bridge Pose) yang dirancang khusus untuk menguatkan dan merawat punggung. Asanas ini membantu membangun kekuatan di otot punggung serta memperbaiki postur tubuh.

6. Prinsip Pernapasan (Pranayama)

Pernapasan yang terfokus merupakan bagian integral dari yoga. Pranayama dapat membantu mengurangi stres, yang dapat memengaruhi kesehatan punggung. Teknik pernapasan yang dalam membawa energi positif ke seluruh tubuh.

7. Gerakan Relaksasi dan Meditasi

Gerakan relaksasi seperti Savasana dan meditasi membantu meredakan ketegangan pikiran dan tubuh. Dengan merelaksasi pikiran, kita dapat meminimalkan tekanan pada punggung dan membiarkan tubuh pulih dengan alami.

8. Pemanasan

Pemanasan sebelum sesi yoga utama membantu mempersiapkan tubuh secara menyeluruh. Gerakan pemanasan termasuk rotasi bahu, gerakan leher, dan peregangan ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Melalui kombinasi gerakan-gerakan ini, yoga bukan hanya menjadi seni bergerak yang indah. Hal yang lebih penting dari aspek estetik adalah manfaatnya untuk merawat dan menjaga kesehatan punggung.

Dengan rutinitas yoga yang teratur, kita dapat meraih manfaat kesehatan. Manfaat gerakan yoga mampu mengurangi risiko masalah punggung, dan meredakan ketegangan yang mungkin dialami ketika beraktivitas sehari-hari.

Tubuh bugar pikiran tenang dengan yoga, salam sehat! Simak juga tips menjaga kesehatan lansia berikut Ini atau baca di etawalinku.com. (TMI)

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?