Ngabuburit Sehat: Manfaat Jalan Kaki untuk Otot dan Sendi Lansia

Bagikan

Menjelang berbuka puasa, aktivitas ngabuburit menjadi momen yang dinantikan. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit adalah berjalan kaki. Selain menyegarkan pikiran, aktivitas ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan otot dan sendi, terutama bagi lansia.

Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa. Tradisi ngabuburit telah lama menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia, di mana orang-orang berkumpul atau melakukan aktivitas tertentu untuk menyambut berbuka puasa.

Memilih aktivitas yang sehat saat menanti buka puasa sangatlah penting, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu aktivitas sehat yang bisa dilakukan saat ngabuburit adalah berberjalan kaki.

Rutin jalan kaki bukan hanya mengurangi stres, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan otot dan sendi, terutama bagi lansia. Dengan memahami manfaat jalan kaki, diharapkan pembaca dapat lebih mengapresiasi tradisi menanti buka puasa sambil menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Lansia

Berjalan kaki meningkatkan kualitas tidur

(Berjalan kaki meningkatkan kualitas tidur, Sumber: Freepik)

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh lansia sangat besar, terutama dalam menjaga kesehatan sendi dan otot. Aktivitas ini memberikan sejumlah manfaat yang penting bagi kesehatan mereka:

  1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas: berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas pada lansia. Aktivitas ini membantu menjaga kekuatan dan rentang gerak otot dan sendi.
  2. Mengurangi Risiko Penyakit Otot dan Sendi: Aktivitas fisik seperti berjalan kaki dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit seperti osteoporosis dan osteoartritis pada lansia. Hal ini karena jalan-jalan dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan memperkuat otot.
  3. Meningkatkan Keseimbangan: Lansia sering mengalami penurunan keseimbangan, yang dapat meningkatkan risiko jatuh. berjalan kaki dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi risiko jatuh.
  4. Menjaga Berat Badan yang Sehat: berjalan kaki merupakan aktivitas aerobik ringan yang dapat membantu membakar kalori dan menjaga berat badan yang sehat. Hal ini penting untuk mencegah obesitas yang dapat mempengaruhi kesehatan otot dan sendi.
  5. Meningkatkan Kualitas Tidur: Aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat meningkatkan kualitas tidur pada lansia. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk memperbaiki dan memperkuat otot serta sendi.
  6. Meningkatkan Kebugaran Fisik: berjalan kaki dapat membantu meningkatkan stamina dan kebugaran fisik secara keseluruhan. Aktivitas ini juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.
  7. Menjaga Kesehatan Jantung: berjalan kaki merupakan aktivitas aerobik ringan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.
  8. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis: Aktivitas fisik seperti berjalan kaki dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki: Rahasia Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh, Tulang, dan Otot (etawalinku.com)

Tips berjalan kaki yang Aman untuk Lansia

Berikut adalah beberapa tips untuk menjalani berjalan kaki yang aman bagi lansia:

  • Pilihlah jalur jalan yang aman dan nyaman untuk dilalui, hindari jalur yang berbahaya atau terlalu berat.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, serta sepatu yang mendukung untuk melindungi kaki.
  • Sesuaikan ritme berjalan dengan kondisi fisik masing-masing, jangan terlalu berlebihan atau terlalu lambat.
  • Jika merasa lelah, beristirahatlah sejenak dan minum air putih untuk menghindari dehidrasi.
  • Jika diperlukan, gunakan alat bantu jalan seperti tongkat atau walker untuk membantu menjaga keseimbangan.
  • Perhatikan kondisi jalur jalan yang akan dilalui dan hindari jalan yang licin atau berlubang yang dapat meningkatkan risiko jatuh.
    Lebih baik berjalan kaki bersama teman atau kelompok, agar ada bantuan jika terjadi sesuatu.
  • Selalu perhatikan lingkungan sekitar saat berjalan kaki, hindari daerah yang gelap atau terlalu sepi.

Berjalan kaki merupakan aktivitas ngabuburit yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi lansia. Dengan menjaga kebugaran fisik dan kesehatan otot serta sendi melalui berjalan kaki, lansia dapat tetap aktif dan sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Jangan lupa lakukan berjalan kaki dengan aman dan nyaman, lansia dapat tetap aktif dan sehat tanpa meningkatkan risiko cedera atau kecelakaan. Jadi, manfaatkanlah waktu ngabuburit dengan berjalan kaki untuk kesehatan yang lebih baik!


Ciptakan Sahur lebih Lengkap, puasa lebih kuat, ibadah lebih Bermakna dengan Etawalin. Dengan kandungan herbal yang membantu meredakan pegal linu dan nyeri pada persendian,

Etawalin dapat membuat ibadah puasa kalian lebih nyaman dan bermakna. Mulailah hari kalian dengan sahur yang sehat dan konsumsi Etawalin setelah makan pagi untuk merasakan manfaatnya. Dapatkan Etawalin sekarang untuk pengalaman puasa yang lebih baik! (idm)

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?