Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium saat Puasa untuk Kesehatan Tulang yang Optimal

Bagikan

Selama bulan Ramadhan, salah satu aspek penting dari kesehatan yang harus diperhatikan adalah kesehatan tulang, yang membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Namun, dengan pola makan yang berubah selama puasa, memenuhi kebutuhan harian kalsium bisa menjadi tantangan.

Kesehatan tulang adalah salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tulang yang sehat memainkan peran penting dalam mendukung mobilitas, postur tubuh yang baik, dan perlindungan organ vital di dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan tulang, konsumsi kalsium yang cukup sangatlah penting. Selama bulan puasa, tubuh mengalami perubahan dalam pola makan dan metabolisme. Kekurangan asupan makanan dan minuman selama puasa dapat mengakibatkan kurangnya nutrisi penting, termasuk kalsium.

Ini bisa berpotensi mengganggu kesehatan tulang dan memperburuk risiko penyakit tulang seperti osteoporosis di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan kalsium yang cukup selama bulan puasa untuk jaga kesehatan tulang tetap optimal.

Baca juga: 9 Ciri Kekurangan Kalsium yang Jarang Disadari (etawalinku.com)

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Harian Kalsium saat Puasa

Tulang sehat dengan konsumsi kalsium

(Tulang sehat dengan konsumsi kalsium, Sumber: Canva)

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium saat puasa:

  1. Kesehatan Tulang: Kalsium adalah elemen penting dalam proses pembentukan dan perawatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis pada masa mendatang.
  2. Kesehatan Gigi: Selain untuk tulang, kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi. Kalsium membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi serta pembentukan karang gigi.
  3. Kontraksi Otot dan Transmisi Sinyal Saraf: Kalsium dalam tubuh berperan dalam kontraksi otot dan transmisi sinyal saraf. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kelumpuhan otot dan gangguan pada sistem saraf.
  4. Pencegahan Penyakit Kronis: Asupan kalsium yang cukup juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.
  5. Penyerapan Nutrisi Lain: Kalsium juga berperan dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin D, magnesium, dan fosfor, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Sumber Kalsium yang Mudah Didapatkan di Dapurmu Sendiri! – Etawalin (etawalinku.com)

Mengenal Kebutuhan Kalsium Harian

Kebutuhan kalsium harian dapat bervariasi tergantung pada usia dan kondisi kesehatan seseorang. Berikut adalah panduan umum mengenai kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya:

Dewasa

  • Untuk dewasa di usia 19-50 tahun, memiliki kebutuhan kalsium harian adalah sekitar 1000 mg.
  • Untuk wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun, kebutuhan kalsium harian meningkat menjadi sekitar 1200 mg.

Anak-Anak

Untuk anak-anak, kebutuhan asupan kalsium harian berbeda tergantung usia:

  • Anak usia 1-3 tahun memerlukan sekitar 700 mg kalsium per hari.
  • Anak usia 4-8 tahun memerlukan sekitar 1000 mg kalsium per hari.
  • Anak usia 9-18 tahun memerlukan sekitar 1300 mg kalsium per hari.

Makanan Tinggi Kalsium untuk Sahur dan Berbuka

Berikut adalah beberapa daftar makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi agar mendapatkan cukup kalsium selama bulan puasa:

Susu dan Produk Susu

  • Susu sapi, susu kedelai, dan yogurt adalah sumber kalsium yang baik.
  • Kadar kalsium: Susu sapi (240 ml) mengandung sekitar 300 mg kalsium, yogurt (240 ml) mengandung sekitar 300-400 mg kalsium.

Sayuran Berdaun Hijau

  • Bayam, kangkung, dan brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang berlimpah.
  • Kadar kalsium: Bayam (100 gram) mengandung sekitar 100 mg kalsium, kangkung (100 gram) mengandung sekitar 150 mg kalsium, brokoli (100 gram) mengandung sekitar 45 mg kalsium.

Ikan

  • Ikan seperti salmon, sarden, dan teri mengandung kalsium.
  • Kadar kalsium: Salmon (85 gram) mengandung sekitar 180 mg kalsium, sarden (85 gram) mengandung sekitar 325 mg kalsium, teri (85 gram) mengandung sekitar 200 mg kalsium.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

  • Kacang almond, kacang mete, dan biji chia adalah sumber kalsium nabati yang baik.
  • Kadar kalsium: Kacang almond (28 gram) mengandung sekitar 80 mg kalsium, kacang mete (28 gram) mengandung sekitar 20 mg kalsium, biji chia (28 gram) mengandung sekitar 180 mg kalsium.

Buah-Buahan

  • Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan apel mengandung kalsium.
  • Kadar kalsium: Jeruk (1 buah) mengandung sekitar 60 mg kalsium, kiwi (1 buah) mengandung sekitar 60 mg kalsium, apel (1 buah) mengandung sekitar 10 mg kalsium.

Baca juga: Konsumsi Makanan Kaya Kalsium: Tubuh Sehat Tulang Terjaga (etawalinku.com)

Itulah penjelasan mengenai pentingnya memenuhi kebutuhan harian kalsium saat berpuasa, mengenal kebutuhan kalsium harian, dan daftar makanan yang bisa dimanfaatkan agar mendapatkan cukup kalsium selama bulan puasa

Selama bulan puasa, menjaga kesehatan tulang sangat penting untuk kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Dengan memperhatikan pola makan yang seimbang dan mengonsumsi makanan sehat yang kaya kalsium, kalian dapat memenuhi kebutuhan harian kalsium dan menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Untuk membantu memastikan kebutuhan kalsium harian terpenuhi, kalian dapat mengonsumsi Etawalin. Etawalin adalah susu herbal yang diformulasikan khusus untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri pada persendian, serta menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Dengan kandungan kalsium yang tinggi dan formulasi herbal yang baik, Etawalin dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang selama bulan puasa. Patikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, agar terhindar dari alergi, terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang dalam pengobatan. (idm)

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?