7 Gejala Awal Rheumatoid Arthritis yang Perlu Diketahui

Bagikan

Rheumatoid Arthritis adalah salah satu jenis arthritis yang kronis dan mengenai sendi, sering kali mempengaruhi tangan dan kaki. Memahami gejala awal Rheumatoid Arthritis penting untuk diagnosis dini dan pengelolaan yang efektif terhadap kondisi ini.

Rheumatoid Arthritis (RA) adalah penyakit autoimun serius yang tidak hanya mengganggu kesehatan sendi tetapi juga mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Gejalanya muncul perlahan namun bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti sulit bergerak dan dampak psikologis dari kelelahan kronis.

Penting untuk mengenali gejala awal Rheumatoid Arthritis karena hal ini kunci untuk diagnosis dini dan pengelolaan yang efektif. Artikel ini membahas tujuh gejala awal yang perlu diperhatikan, serta pentingnya pengelolaan yang tepat untuk mengurangi dampak Rheumatoid Arthritis terhadap kehidupan sehari-hari.

Memahami gejala awal Rheumatoid Arthritis adalah langkah penting dalam mengidentifikasi kondisi ini. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan pembaca dapat siap menghadapi dan mengelola gejala Rheumatoid Arthritis dengan lebih baik.

Baca juga: Terapi Fisik untuk Mengatasi Rheumatoid Arthritis yang Aman dan Efektif (etawalinku.com)

Gejala Awal Rheumatoid Arthritis yang Perlu Diketahui

(Nyeri pada sendi, Sumber: Freepik)

(Nyeri pada sendi, Sumber: Freepik)

Berikut adalah tujuh gejala awal yang perlu diwaspadai:

Nyeri dan Kemerahan pada Sendi

Gejala utama Rheumatoid Arthritis adalah nyeri pada sendi yang berlangsung lama dan tidak kunjung membaik. Sendi yang terkena Rheumatoid Arthritis biasanya terasa hangat, kemerahan, dan nyeri terutama saat bergerak atau beristirahat.

Kekakuan Pagi

Orang dengan Rheumatoid Arthritis sering mengalami kekakuan sendi yang parah, terutama pada pagi hari atau setelah periode istirahat yang panjang. Kekakuan ini biasanya mempengaruhi beberapa sendi dan dapat bertahan lebih dari satu jam.

Pembengkakan Sendi

Peradangan yang terjadi dalam Rheumatoid Arthritis dapat menyebabkan pembengkakan pada sendi yang terkena. Pembengkakan ini disebabkan oleh produksi cairan sinovial yang berlebihan dalam upaya tubuh untuk melindungi sendi.

Kelelahan yang Berlebihan

Kelelahan yang tidak proporsional terhadap aktivitas fisik yang dilakukan adalah gejala umum lain dari Rheumatoid Arthritis. Kelelahan ini dapat disebabkan oleh peradangan kronis dan gangguan tidur yang sering kali terjadi pada penderita Rheumatoid Arthritis.

Nyeri Otot

Selain nyeri pada sendi, Rheumatoid Arthritis juga dapat menyebabkan nyeri pada otot di sekitar sendi yang terkena. Hal ini dapat membedakan Rheumatoid Arthritis dari arthritis degeneratif lainnya yang lebih fokus pada kerusakan sendi.

Perubahan pada Kuku

Beberapa orang dengan Rheumatoid Arthritis mengalami perubahan pada kuku mereka, seperti penebalan, warna kuku yang berubah, atau bentuk kuku yang tidak biasa. Hal ini sering kali terjadi sebagai respons dari peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Demam Ringan

Beberapa orang dengan Rheumatoid Arthritis mungkin mengalami demam ringan yang tidak terkait dengan infeksi lain. Ini terjadi karena respons sistem imun tubuh terhadap peradangan kronis yang terjadi pada Rheumatoid Arthritis.

 

Mengidentifikasi gejala awal Rheumatoid Arthritis secara dini dapat membantu dalam diagnosis yang cepat dan tepat, serta memulai pengobatan yang sesuai sebelum kerusakan sendi yang permanen terjadi.

Konsultasikan dengan dokter jika kalian mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, terutama jika ada riwayat keluarga dengan Rheumatoid Arthritis atau jika gejala tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari. (idm)

Baca juga:

Bisakah Sembuh Total dari Arthritis Autoimun?

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?