Tips Olahraga Bersepeda Yang Aman Bagi Lansia

Bagikan

Olahraga dapat dinikmati oleh semua golongan usia. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh lansia adalah dengan bersepeda. Namun, bagaimana ya agar dapat bersepeda dengan aman?

lansia

(lansia, sumber : freepik)

Olahraga adalah kegiatan yang dilakukan oleh semua umur. Mulai dari usia anak – anak, remaja, bahkan lansia juga wajib melakukan olahraga. Durasi olahraga juga tidak perlu lama – lama. Pada umumnya olahraga hanya dilakukan kurang lebih 30 menit saja.

Selain menyehatkan badan, olahraga juga menjadi salah satu cara kegiatan untuk menghealingkan diri dari kepenatan akibat pekerjaan yang menumpuk. Maka tak heran, banyak orang – orang berbondong – bondong habis bekerja menyempatkan waktunya untuk berolahraga. Olahraga yang dikerjakan juga tidak perlu yang berat, bisa saja olahraga ringan seperti jogging, jalan sehat, renang bahkan sepeda

Bersepeda juga menjadi olahraga yang sampai saat ini paling digemari. Bahkan pada saat dunia mengalami pandemi Covid19 sepeda menjadi barang yang sering dicari oleh orang – orang. Bertumpu pada kayuh sepeda membuat kaki kita menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, bersepeda juga termasuk ke dalam olahraga yang menyehatkan jantung, pembuluh darah, dan paru – paru. 

lansia olahraga

(lansia olahraga, sumber : freepik)

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan lansia. Selain itu, bersepeda juga olahraga yang relatif lebih mudah yang dapat dikerjakan oleh lansia. Namun perlu diingat ya teman – teman, walaupun bersepeda dianggap lebih mudah kita juga perlu waspada dan jaga – jaga agar dapat bersepeda dengan aman. Ini dia tips bersepeda dengan aman bagi lansia : 

  1. Menggunakan Alat Pelindung 

Penggunaan alat pelindung bagi pesepeda dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Sebelum melakukan bersepeda lansia wajib  mengecek perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti helm sepeda, kaos kaki, kacamata atau pelindung mata, dan sarung tangan. Alat pelindung sepeda ini berfungsi mengurangi cedera yang lebih serius. 

  • Memilih Jenis Sepeda

Hal ini sangat wajib diperhatikan. Karena memilih jenis sepeda yang tepat akan memudahkan lansia dalam bersepeda. Sehingga bersepeda pun dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Ada beberapa tipe sepeda yang mungkin bisa dipilih :

  • Road bike, jenis sepeda ini dapat digunakan lansia untuk bersepeda di jalan biasa.
  • Mountain bike, jenis sepeda ini dapat digunakan oleh lansia untuk bersepeda di  medan yang berat seperti pegununangan, hutan, dll
  • Hybrid bike, jenis sepeda satu ini adalah sepeda kombinasi antara sepeda jenis road bike dan mountain bike. 
  • Recumbent bike, jenis sepeda yang menempatkan pesepeda dengan posisi yang santai. Biasanya sepeda jenis ini memiliki roda berjumlah 3.
  • Cek Kondisi Kesehatan

Selain mengecek persiapan kelengkapan alat pelindung. Cek kondisi kesehatan juga perlu diperhatikan. Karena kondisi tubuh yang kurang fit akan menimbulkan hasil yang tidak diinginkan. Maka dari itu pengecekkan perlu dilakukan untuk mengurangi hal – hal yang tidak diinginkan tersebut. Selain itu, tujuan dari pengecekkan dilakukan agar dapat mengetahui apakah lansia boleh mengikuti bersepeda. Jika hasil dari cek kesehatan mengatakan tidak dapat mengikuti kegiatan bersepeda. Maka carilah olahraga ringan yang minim akan resiko lainnya. 

  • Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup akan membantu kondisi tubuh agar selalu sehat dan fit. Karena tubuh dapat beristirahat secara maksimal, sehingga di ke esokan harinya tubuh sudah siap untuk berolahraga. Istirahat yang cukup tidak hanya dilakukan oleh lansia saja tapi untuk anak – anak dan orang dewasa pun juga perlu diikuti. Karena jika kita tidak memiliki waktu tidur yang cukup munculnya resiko gangguan kesehatan. 

  • Membawa Air Minum

Saat kita bersepeda, tubuh menghasilkan keringat yang lumayan banyak. Sehingga tubuh lebih cepat terserang dehidrasi. Maka dari itu, wajib bagi lansia untuk membawa air minum saat perjalanan. 

  • Tidak Memaksakan Diri 

Saat sudah memasuki usia tua, sudah sebaiknya kita tidak memaksakan diri untuk lama – lama bersepeda. Kita harus mulai mengenal kondisi tubuh masing – masing. Jangan hanya mengikuti orang lain kita mengabaikan kondisi diri kita sendiri. Bukannya sehat malah sakit yang datang. 

Itu dia tips yang bisa diikuti oleh lansia saat bersepeda agar tetap aman dan nyaman. Selain tips di atas, kamu juga bisa ikuti tips lainnya. Agar bersepeda tetap seru dan asik ajaklah teman, anak – anak, dan keluarga lainnya untuk bersepeda bersama. Sehingga tidak hanya sehat saat berolahraga tetapi momen yang dihasilkan pun dapat. [FAS]

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?