Cara Memulihkan Cedera Otot: Manfaat Elevasi untuk Mengurangi Nyeri

Bagikan

Elevasi adalah salah satu cara memulihkan cedera otot. Upaya ini dilakukan dengan memposisikan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung. Yuk, simak cara melakukan elevasi yang benar dan ketahui juga manfaatnya untuk mengatasi cedera otot.

Pernah mengalami cedera otot? Kondisi ini menjadi pengalaman yang menyakitkan dan tentunya mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Rasa sakit dan kaku akibat cedera otot dapat menghambat pergerakan dan menurunkan kualitas hidup.

Oleh sebab itu, penderitanya akan berusaha mencari cara untuk mengurangi dan menyembuhkan keluhannya. Istirahat, kompres dingin, dan mengonsumsi obat pereda nyeri menjadi langkah pertolongan pada kondisi nyeri akibat cedera otot.

Metode lainnya yang efektif untuk memulihkan cedera otot adalah dengan melakukan elevasi. Mari simak 5 jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk memulihkan cedera otot, termasuk elevasi.

BACA JUGA: Khasiat Susu Etawalin untuk Nyeri Pinggang: Alternatif Atasi Sakit Pinggang

5 Cara Memulihkan Cedera Otot

Ketahui Cara Memulihkan Cedera Otot

(Cara Memulihkan Cedera Otot, Ilustrasi: Freepik)

Berikut adalah 5 cara memulihkan cedera otot dengan memanfaatkan elevasi serta manfaatnya dalam mengatasi nyeri otot:

1. Istirahat yang Cukup

Memberikan istirahat yang cukup bagi otot yang cedera adalah langkah pertama yang penting dalam proses penyembuhan. Hindari aktivitas yang dapat memperparah cedera otot dan berikan waktu bagi tubuh untuk pulih.

2. Kompress Dingin

Penggunaan kompres dingin pada area yang cedera dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi nyeri. Kompres dingin dapat diterapkan secara berkala selama beberapa menit setiap sesi.

3. Kompresi

Penggunaan kompresi juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan memperbaiki aliran darah ke area yang cedera. Gunakan perban elastis atau bahan kompresi yang sesuai untuk memberikan tekanan yang cukup tetapi tidak terlalu ketat.

4. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Dalam beberapa kasus, penggunaan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan kenyamanan selama proses pemulihan.

5. Elevasi

Salah satu manfaat utama elevasi adalah kemampuannya untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri pada area yang cedera. Lantas, bagaimanakah cara mempraktekkan metode ini?

BACA JUGA: Tips Mencegah Cedera Olahraga

Apa Itu Elevasi?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, elevasi merupakan salah satu upaya untuk meredakan gejala nyeri akibat cedera otot.

Elevasi dilakukan dengan cara sederhana, seperti meletakkan bantal di bawah area yang cedera ketika beristirahat atau tidur. Pastikan posisi elevasi cukup tinggi untuk memastikan aliran darah yang optimal dan pengurangan pembengkakan yang efektif.

Dengan meninggikan bagian tubuh yang cedera di atas tingkat jantung, Anda dapat membantu mengalirkan cairan tubuh yang berlebihan.

Langkah ini membantu mengurangi tekanan pada persendian dan otot yang terluka. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan tentang manfaat elevasi berikut ini.

Manfaat Elevasi untuk Mengatasi Nyeri Otot

Cara Memulihkan Cedera Otot

(Elevasi untuk Memulihkan Cedera Otot, Ilustrasi: Freepik)

  • Mengurangi Pembengkakan

Elevasi membantu melancarkan aliran darah dan limfatik, sehingga mengurangi peradangan dan pembengkakan pada area yang cedera.

  • Mempercepat Penyembuhan

Elevasi meningkatkan aliran darah ke area cedera, membawa oksigen dan nutrisi penting untuk mempercepat proses pemulihan.

  • Mengurangi Rasa Sakit

Elevasi membantu mengurangi tekanan pada saraf yang tertekan akibat pembengkakan, sehingga meredakan rasa sakit dan kaku.

  • Meningkatkan Kenyamanan

Elevasi membantu meningkatkan posisi dan fungsi otot, sehingga meningkatkan kenyamanan dan mobilitas.

BACA JUGA: Tips Olahraga Anti Pegal, Ini Kuncinya!

Nah, itu dia sejumlah informasi seputar cara memulihkan cedera otot yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. 

Upaya seperti elevasi dan kompresi mempercepat proses penyembuhan cedera otot, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa dengan melindungi area yang rentan mengalami cedera, misalnya ankle protector. Informasi seputar manfaat ankle protector dapat Anda akses melalui tautan yang tercantum tersebut. 

Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis jika gejalanya cukup serius dan membutuhkan perhatian khusus.

Upaya tersebut tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan melakukan peregangan otot. Semoga informasi seputar cara meredakan nyeri pada area yang mengalami cedera otot membantu. Salam sehat! (TMI)

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?