Etawalin: Pilihan Bijak untuk Jantung yang Sehat

Bagikan

Jantung menjadi organ vital yang memiliki peran tinggi bagi sistem kehidupan manusia. Dibantu perawatan seperti melakukan gaya hidup sehat dapat membantu menjaga agar kondisi jantung selalu sehat.

Jantung adalah organ vital dalam tubuh kita yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh, memberikan nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Kesehatan jantung adalah faktor kunci dalam menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik dan hidup dengan kualitas yang optimal. 

Kerusakan pada jantung tidak main – main dalam menyerang seseorang. Sebab pengaruh gaya hidup yang kurang sehat dan tidak rutin terhadap pengawasan medis membuat penyakit jantung bisa terjadi pada segala usia. 

Walaupun risiko terjadinya penyakit jantung di dasari dengan bertambahnya usia. Namun tidak menutup kemungkinan anak muda juga bisa terkena dampaknya. Pentingnya mengingat bahwa jantung memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan.

Penyebab Jantung Tidak Sehat 

ilustrasi orang dengan jantung yang kurang sehat

(ilustrasi orang dengan jantung yang kurang sehat, sumber : freepik)


Penyebab jantung mengalami kerusakan memang beragam. Ada yang karena faktor dari dalam diri sendiri seperti gaya hidup yang jelek dan pengaruh dari luar seperti keturunan atau faktor lingkungan. Berikut beberapa penyebab jantung yang kurang sehat : 

  • Aterosklerosis 

Ini adalah penyebab utama penyakit jantung koroner. Aterosklerosis terjadi ketika plak kolesterol menumpuk pada dinding arteri, menyempitnya dan menghambat aliran darah. Dimana plak ini bisa pecah dan membentuk gumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

  • Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi atau yang bisa dikenal dengan hipertensi adalah dimana suatu tekanan dalam darah lebih tinggi melebihi batas ambang normal. Kejadian inilah yang memaksa jantung untuk lebih bekerja keras agar dapat memompa darah sehingga mengakibatkan kerusakan terhadap arteri dan jantung itu sendiri. 

  • Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dalam darah, khususnya kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi, dapat meningkatkan risiko aterosklerosis. Perlu disadari dan diperhatikan bagi kamu yang memiliki riwayat kolesterol untuk selalu mengecek kesehatan. Agar tidak menimbulkan terjadinya darah tinggi. 

  • Merokok

Bukan rahasia umum lagi yah bahwa merokok menjadi penyebab salah satu faktor utama seseorang terkena penyakit jantung. Bahkan peringatan bahaya merokok sudah terpampang lho di kemasan Penyebab rokok berbahaya karena zat-zat kimia dalam rokok merusak arteri dan meningkatkan risiko pembentukan plak.

  • Kegemukan dan Obesitas

Kegemukan dan obesitas biasanya menjadi satu kesatuan. Umumnya orang yang mengidap kegemukan dan obesitas rata – rata memiliki riwayat kesehatan dengan kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung. 

  • Genetika dan Riwayat Keluarga

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor genetika memiliki peran dalam keturunan seseorang terhadap penyakit yang dimilikinya. Salah satunya adalah penyakit jantung. Penyakit ini dapat diturunkan apabila anggota keluarga sudah mengalami penyakit jantung sedari lama. Perlunya aware terhadap pengecekan rutin kesehatan. 

  • Stres dan Depresi

Stres memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan jantung dan mempengaruhi terhadap perkembangan jantung. Sebab stres dapat meningkatkan tekanan darah serta menganggu kesehatan lainnya. Jika kamu merasakan sesuatu yang sulit kamu kendalikan.

Segera periksakan diri ke tenaga medis untuk dilakukan pengecekkan kesehatan lebih lanjut. Hal ini untuk menghindari diri dari hal – hal yang tidak diinginkan. 

  • Polusi Udara

Walaupun belum banyak penelitian mengenai pengaruh udara terhadap penyakit jantung. Namun yang perlu diketahui bahwa p olusi udara dapat memengaruhi kualitas udara yang kita hirup, yang mana memiliki efek  dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Kegiatan Yang Mendukung Kesehatan Jantung 

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut beberapa kegiatan yang bisa mendukung kesehatan jantung agar tetap sehat : 

  • Olahraga Teratur

Aktivitas fisik adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang hingga tinggi. Ini dapat mencakup berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, atau aktivitas fisik lain yang Anda nikmati.

  • Pola Makan Sehat

Makan makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan berlemak, dan makanan tinggi serat. Hindari makanan tinggi lemak jenuh, garam, dan gula tambahan. Diet mediterania dan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) telah terbukti mendukung kesehatan jantung.

  • Mengelola Berat Badan

Menjaga berat badan yang sehat adalah faktor penting untuk kesehatan jantung. Sebab kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan agar selalu stabil juga menghindari diri dari penyakit lainnya. 

  • Hentikan Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Berhenti merokok adalah salah satu langkah terbaik yang dilakukan demi mendukung kesehatan jantung. Terdengar susah namun kamu bisa mengawali dengan cara mengurangi dosis rokok per harinya. 

  • Cek Kesehatan Reguler

Rutin menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memantau tekanan darah, kadar kolesterol, dan faktor risiko lainnya. Hal ini membantu dalam memungkinkan deteksi dini dan pengelolaan kondisi yang dapat memengaruhi kesehatan jantung.

  • Tidur Yang Cukup 

Aktivitas begadang atau tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Sebab saat malam hari tidak hanya tubuh saja yang istirahat namun organ di dalam tubuh kita juga beristirahat. Jika kamu memiliki kesulitan dalam tidur di malam hari.

Ada baiknya untuk mengkonsultasikan diri ke tenaga medis atau dokter yang menangani hal tersebut. Agar kondisi ini tidak berlarut dan diberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi insomnia. 

Walaupun ada banyak hal lain yang mendukung kesehatan jantung perlu kita sadari bahwa melakukan kebiasaan hidup sehat dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dan beberapa tips di atas diharapkan menjadi informasi tambahan agar dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami kondisi kesehatan yang menurun atau menimbulkan tanda – tanda yang mencurigakan. Semoga membantu! (FAS)

 

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?