9 Sumber Kalsium untuk Berbuka Puasa: Kunci Masa Depan Cerah dengan Tulang Kuat

Bagikan

Berbuka puasa adalah momen melegakan bagi umat muslim yang menjalankannya. Selain melepas dahaga dan melepas rasa lapar, buka puasa juga penting untuk mengembalikan energi. Untuk itu, menu makan kaya nutrisi sangat diperlukan, terutama kalsium. Lantas apa pentingnya konsumsi kalsium untuk tubuh?

Ibadah puasa tak hanya melatih kesabaran dan keimanan, tetapi juga bisa menjadi kesempatan untuk menyehatkan tubuh. Setelah seharian berpuasa, Anda tentu ingin mengembalikan energi dengan hidangan yang lezat dan menyehatkan ketika waktu berbuka tiba.

Tak hanya mengenyangkan, menu berbuka yang Anda pilih pun sebaiknya kaya nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan juga kalsium. Kalsium, mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang yang menjadi penopang utama aktivitas Anda.

Yuk, simak manfaat kalsium untuk tubuh, terutama menjelang puasa Ramadan 2024 esok. Ketahui juga 9 sumber kalsium yang lezat dan mudah disiapkan untuk menemani buka puasa Anda!

Intip 9 Sumber Kalsium untuk Berbuka Puasa

9 Sumber Kalsium untuk Berbuka Puasa

(Sumber Kalsium untuk Berbuka Puasa, Ilustrasi)

Selama bulan puasa, menjaga kesehatan tulang tetap penting meskipun pola makan sedang diubah. Kekurangan asupan kalsium dapat mengganggu kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang kaya akan kalsium untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama saat berbuka puasa. Berikut adalah beberapa sumber kalsium yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Susu dan Produk Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Susu, yogurt, dan keju adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, terutama ketika menjalankan ibadah puasa.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji-bijian seperti chia seeds dan biji wijen juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

  • Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung kalsium serta asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

  • Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli merupakan sumber kalsium nabati yang baik yang dapat dimasukkan ke dalam menu berbuka puasa.

  • Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah sumber kalsium nabati yang baik dan cocok untuk dimasukkan dalam makanan berbuka puasa.

  • Buah-buahan

Beberapa buah seperti jeruk, kiwi, dan buah ara mengandung kalsium dalam jumlah yang signifikan.

  • Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa, dan ternyata juga mengandung kalsium.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber kalsium yang baik dan dapat menjadi pilihan sarapan yang sehat saat berbuka puasa.

  • Kacang Panggang

Kacang panggang seperti kacang almond, kenari, dan kacang mete mengandung kalsium serta nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tulang.

 

Nah, setelah mengetahui sumber kalsium yang sebaiknya dikonsumsi selama berbuka puasa, ketahui juga manfaatnya. Ini adalah penjelasan mengenai peran penting mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya kalsium.

Manfaat Kalsium Selama Berpuasa

  • Mempertahankan Kepadatan Tulang
  • Mendukung Pertumbuhan Tulang
  • Menjaga Fungsi Otot dan Saraf yang Sehat serta Optimal
  • Mendukung Kesehatan Jantung dengan menjaga ritme jantung yang Teratur
  • Mencegah Osteoporosis di Kemudian Hari

Konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium sangat penting selama berpuasa. Kalsium merupakan mineral esensial yang memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan tulang dan tubuh secara keseluruhan.

Saat berpuasa, terutama dalam kondisi tanpa makanan dan minuman selama beberapa jam, tubuh tetap memerlukan nutrisi penting. Berkaitan dengan hal tersebut, kalsium mampu berperan menjaga fungsi tubuh secara optimal.

Kalsium merupakan penunjang utama dalam pembentukan dan pemeliharaan kepadatan tulang. Saat kita berpuasa, terutama jika pola makan tidak seimbang atau asupan makanan tidak mencukupi, risiko kekurangan kalsium meningkat.

Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan penurunan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Pada penderita osteoporosis, kondisi tulangnya rapuh dan rentan, sehingga berisiko mengalami patah tulang.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium selama berpuasa, kita dapat mencegah risiko osteoporosis di masa mendatang.

 

Kalsium juga berperan dalam menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung yang sehat. Pada akhirnya, konsumsi bahan pangan kaya kalsium yang cukup selama berpuasa juga mendukung kesejahteraan tubuh secara menyeluruh. (TMI)

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?