Tidak Hanya Membentuk Tubuh, 5 Manfaat Yoga Yang Wajib Kamu Tau!

Bagikan

Kesehatan tubuh dan mental sangat diperlukan untuk membentuk hidup yang lebih baik lagi. Ada beberapa yang bisa kita lakukan salah satunya mengerjakan yoga. Olahraga yang hampir mirip dengan meditasi ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan. 

yoga

(Yoga, sumber : freepik)

Yoga adalah olahraga yang damai karena menggabungkan antara gerakan tubuh, konsentrasi, dan ketenangan. Tidak terlalu banyak melakukan gerakan seperti aerobik, membuat yoga banyak diminati untuk yang mencari ketenangan. Yoga bisa dilakukan oleh semua usia. Baik usia anak – anak, remaja, dewasa, bahkan lansia. 

Meskipun gerakannya sederhana yoga juga memerlukan konsentrasi, kelenturan tubuh, kefokusan, teknik pernapasan, dan keseimbangan. Jika dilakukan secara rutin, banyak manfaat yang diterima apabila dilakukan secara optimal.

Jika kamu tertarik ingin melakukan yoga. Ada sebaiknya, kamu perhatikan manfaat – manfaat dari yoga yang bisa kamu rasakan : 

  • Mengurangi Stres

Manfaat dari olahraga memang salah satunya adalah mengurangi stres, begitu pula dengan yoga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan beryoga dapat mengurangi rasa gelisah, perbaikan mood, serta memperbaiki kesehatan fisik seseorang. Jika kamu seorang insomnia, kamu bisa mengikuti yoga karena yoga dapat mengatasi gangguan tidur pada seseorang.

  • Menambah Fleksibilitas Tubuh

Yoga dipercayai dapat membentuk kelenturan dan keseimbangan pada tubuh manusia. Secara tidak langsung, dapat membantu manusia untuk mengurangi cedera. Jika kamu merasa kurang fleksibilitas, kamu bisa mencoba dengan melakukan yoga. Hal ini sangat terasa pada usia lansia, yang mana mereka merasakan badan lebih fit dan tidak mudah merasakan nyeri pada sendi. Karena beryoga dapat meregangkan otot – otot dan ligamen yang ada di dalam tubuh. 

  • Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Penyebab terjadinya penyakit jantung biasanya disebabkan adanya tekanan darah tinggi. Dengan yoga kita dapat mengurangi tekanan tinggi, sebab dengan beryoga tekanan darah dan denyut nadi diposisi batas normal. 

Selanjutnya, yoga juga membantu pernapasan. Karena pada saat beryoga seseorang dilatih untuk melakukan teknik pernapasan agar sistem pernapasan dapat berjalan secara benar. Kegunaan dari hal itu adalah melindungi kesehatan paru – paru. 

  • Meningkatkan Kebugaraan 

Kebaikan dari yoga, selain mengurangi stres adalah meningkatkan kebugaraan tubuh. Tubuh menjadi lebih aktif dan lentur. Sehingga menambah kekuatan tubuh serta memperbaiki postur tubuh yang bermasalah. Maka tak heran, orang yang memiliki gangguan tulang memilih yoga sebagai olahraga favoritnya. 

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Jika kamu memiliki masalah pada waktu tidurmu, sebaiknya kamu memilih yoga sebagai olahraga yang dijalankan. Efek samping dari olahraga yoga adalah memberikan ketenangan sehingga kesehatan mental kamu terjaga. Alhasil gaya hidup kita juga lebih teratur dari sebelumnya. 

  • Selalu Awet Muda

Siapa yang gak mau untuk selalu berpenampilan awet muda setiap ahri? Tentu semua orang di dunia ingin terlihat lebih awet muda dibandingkan usianya. Mulai dari penggunaan skincare dan bodycare, pemilihan fashion, serta gaya makeup harus dipikirkan secara matang – matang. Hal itu akan terlihat sia – sia saja jika kita tidak imbangi dengan olahraga yang rutin.

Pada olahraga yoga ada satu gerakkan yakni Sirasasana yakni berdiri dengan kepala. Manfaat dari pose ini adalah mempelancar aliran yang berjalan dari otak menuju wajah. Hasilnya adalah oksigen juga meningkat baik dari sel – sel otak maupun wajah. Yang menyebabkan wajah menjadi awet muda. 

gembira setelah yoga

(happy after yoga, sumber : freepik)

Itu dia beberapa manfaat baik jika kamu melakukan yoga secara rutin. Untuk permulaan ada baiknya untuk menggunakan trainer atau pelatih agar mengurangi cedera pada saat melakukan. Berminat mencoba?. [FAS]

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?