Bumbu Dapur Jadi Obat: Ketahui Khasiat Batang Sereh untuk Sendi

Bagikan

Khasiat batang sereh atau serai untuk kesehatan sendi antara lain meredakan nyeri, mengurangi peradangan, serta menutrisi sendi. Tidak hanya menjadi bahan masakan, bumbu dapur yang satu ini juga memiliki manfaat kesehatan karena kandungan senyawa di dalamnya. Ini pemanfaatan batang sereh untuk sendi, simak selengkapnya.

Batang sereh, yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Pada ulasan kali ini, mari ketahui hebatnya tanaman tersebut untuk menunjang kesehatan.

Sereh yang selama ini hanya dijadikan pelengkap masakan rupanya dapat membantu menjaga kesehatan. Khasiatnya meliputi kesehatan pencernaan, sistem imun, menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah, hingga mengatasi nyeri sendi.

Tanaman herbal ini memiliki keunggulan dalam meredakan masalah sendi. Pertanyaannya, bagaimana sereh bisa bermanfaat untuk menunjang kesehatan sendi, dan kandungan apa yang terkandung di dalamnya?

BACA JUGA: Trik Mencegah Nyeri Leher dan Bahu Kaku Ketika Bekerja

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Batang Sereh untuk Kesehatan

Khasiat Batang Sereh untuk Kesehatan

(Khasiat Batang Sereh untuk Kesehatan, Ilustrasi: Freepik)

Tahukah Anda, bahwa batang sereh yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada banyak kegunaan tanaman tersebut untuk kesehatan. Sereh disebut-sebut dapat membantu melancarkan pencernaan, menjaga sistem imun, menurunkan tekanan darah, serta kolesterol.

Namun, ulasan kali ini hanya akan menyoroti peran penting sereh dalam meredakan masalah sendi. Mari kita telusuri kandungan nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam batang sereh.

Batang serai mengandung berbagai macam nutrisi, ini adalah beberapa diantaranya:

1. Sitronelol

Sitronelol, sebagai komponen utama dalam batang sereh, memiliki sifat antiinflamasi. Sifat sereh ini dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, mengurangi nyeri, serta meningkatkan kesehatan sendi secara keseluruhan.

2. Senyawa Antioksidan

Senyawa antioksidan dalam batang sereh melindungi jaringan sendi dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga menjaga kekuatan dan elastisitas jaringan sendi.

Dengan demikian, sereh menjadi penting sebab turut berperan dalam mencegah masalah sendi seperti osteoarthritis.

3. Kandungan Vitamin dan Mineral

Batang sereh juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh, diantaranya Vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, dan magnesium.

1) Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak jaringan sendi dan menyebabkan peradangan, terutama pada sendi.

2) Fosfor

Fosfor adalah mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tulang yang kuat dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

3) Kalsium

Seperti halnya fosfor, kalsium juga menunjang kesehatan tulang, sehingga dapat turut membantu mencegah keluhan pada sendi.

4) Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen yang cukup dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada sendi.

5) Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang dan otot. Tulang dan otot yang kuat dapat membantu mengurangi stres pada sendi.

BACA JUGA: Resep Olahan Serai yang Mudah dan Praktis, Ada Minuman Hingga Makanan

Pemanfaatan Batang Sereh sebagai Obat Sendi

Intip Pemanfaatan Batang Sereh sebagai Obat Sendi

(Pemanfaatan Tanaman Sereh untuk Sendi, Ilustrasi: Canva)

Kombinasi kandungan nutrisi ini membuat batang sereh menjadi salah satu bahan alami yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi secara keseluruhan.

Dengan mengonsumsi sereh secara teratur, Anda bisa merasakan manfaat kesehatan yang maksimal, utamanya bagi persendian. Setidaknya, ada 3 manfaat penting batang sereh untuk persendian, diantaranya:

  1. Membantu menangani sensasi nyeri dan gejala peradangan pada persendian
  2. Meningkatkan mobilitas sendi dengan mengurangi kekakuan dan meningkatkan fleksibilitas
  3. Membantu melancarkan aliran darah ke sendi

Untuk memaksimalkan pemanfaatan batang sereh sebagai obat alami bagi masalah persendian, pengolahannya pun harus benar.

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga rasa dan aromanya, upaya ini juga berguna untuk mempertahankan kandungan nutrisi di dalamnya.

Anda bisa mengolah batang sereh menjadi berbagai macam olahan menarik, resep olahan serai bisa Anda cek pada tautan tersebut.

Meski bisa diolah sebagai berbagai minuman dan masakan, namun untuk hasil yang maksimal, Anda perlu memerhatikan hal-hal di bawah ini, diantaranya:

  • Gunakan batang serai yang masih segar dan berkualitas baik
  • Cuci bersih batang serai sebelum dikonsumsi
  • Konsumsi batang serai secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal
  • Gunakan metode pengolahan yang tepat, seperti merebus, menumis, atau mengukus.
  • Hindari menggoreng batang serai karena dapat merusak kandungan nutrisinya

BACA JUGA: Rahasia Sembuhkan Asam Urat dengan Daun Salam dan Serai

Perlu ditegaskan lagi, bahwa khasiat batang sereh memang mampu meredakan nyeri persendian akibat peradangan. Namun, cara ini hanya menjadi alternatif selain pengobatan medis.

Jika Anda mengalami radang sendi atau arthritis, pengobatan medis oleh dokter sebagai tenaga profesional tetap diperlukan. 

Di sisi lain, Anda bisa mendapat manfaat kesembuhan batang sereh dalam produk Etawalin. Selain lebih praktis dikonsumsi, produk ini juga mengombinasikan bahan-bahan herbal lainn dalam komposisi bahannya.

Cari tahu komposisi bahan Etawalin sebagai kunci sehat tulang dan sendi berikut ini atau Anda juga bisa mengunjungi situs resmi Etawalin di etawalinku.com. (TMI)

Bagikan

Belanja Susu Etawalin

Dapatkan susu Etawalin di berbagai marketplace kesayangan anda

Beli Susu Etawalin di Shopee

Susu Kambing Herbal pertama di Indonesia untuk yang diformulasikan khusus untuk kesehatan sendi dan tulang dan telah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia

       

Berlangganan Newsletter

Dapatan berbagai informasi dan promosi promosi terbaru untuk produk Etawalin

© 2024 Hak cipta oleh Etawalin. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Etawalin?